Selasa, 20 November 2012



Perayaan Hari Raya Suci Kathina 2556 BE
PMV Vihara Vimala Dharma Bandung

Perayaan hari raya kathina di VVD Bandung jatuh pada tanggal 11 November yang lalu. Acara ini dimulai pukul 09.00 - 12.00 WIB dan berlangsung dengan penuh hikmah. Ratusan orang telah mendatangi VVD sebelum acaranya dimulai. Dalam perayaan kali ini dihadiri oleh beberapa anggota sangha, yakni bhante Mahathera Suryabumi, bhante Nyanadhammo, dan bhante Nyanasiri. Dimulai dengan pembacaan paritta Chatta Manavaka  Vimana Gatha, Namaskara Gatha, Penyalaan lilin panca warna, persembahan puja oleh anak-anak taman putra Vidyasagara, tuntutan permohonan pembacaan paritta lainnya oleh Bhante Mahathera Suryabumi, Maha Jayamanggala Gatha, pembacaan Dhammapada dan dhammatalk oleh bhante Mahathera Suryabumi.


Setelah sesi dhammadesana selesai, bhante memberi berkah pemercikan air suci. Dan tibalah di sesi kathina dana. Semua umat telah menyiapkan beberapa persembahan dana buat anggota sangha seperti perlengkapan bhikkhu, dana uang, peralatan mandi, jubah dan sebagainya. Semua umat antusias saat memberikan dana dengan diiringin lagu-lagu buddhis yang dibawakan langsung oleh divisi kesenian PVVD. Sambil menyanyikan lagu "Mari Berdana, Berdanalah, Hari Kathina", para umat datang ke hadapan anggota sangha bersujud sambil menyerahkan dananya.

Di penghujung acara, kebaktian dilanjutkan dengan membacakan paritta ettavatta dan ditutupi dengan persembahan lagu "Ehipassiko, Sungguh Indah, Shiny Friends" oleh divisi kesenian. Para umat pun menyantap hidangan konsumsi yang telah disediakan. Dan juga tidak lupa setelah puja bakti Kathina, dibuka juga stand kakak asuh bagi yang ingin menjadi donatur, stand bedah buku, buddhist camp, stand jualan aksesoris buddhis oleh bursa dan donatur buku-buku penerbitan PVVD di meja pendaftaran.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa pemuda PVVD dan KMB sebandung ikut bagian dalam menyukseskan acara ini. Meskipun sedikit diguyur hujan siangnya namun tidak menurunkan semangat para panitia PVVD yang tulus menyukseskan acara puja kathina ini. Acara pun selesai dengan foto bersama para panitia dan pemuda.

Sekian dan Terimakasih :)

Namo Buddhaya _/\_

(by : Dharma)
 

                             

                           




                                       















Tidak ada komentar :

Posting Komentar