Selasa, 30 Juli 2013

Kebaktian Asadha 2557 BE Vihara Vimala Dharma

            Tepat 2 bulan setelah hari tri suci Waisak, umat Buddhis di seluruh Indonesia memperingati hari Asadha tepat di bulan Purnama (Sukhi Asalha Purnama). Acara asadha memperingati 3 peristiwa penting yang terjadi 2557 tahun silam, yaitu :
  1. Sang Buddha membabarkan Dharma yang pertama kalinya kepada 5 orang pertapa teman seperjuangan di Taman Rusa Isipatana, dikenal dengan istilah Dhamma Cakka Pavattana Sutta.
  2. Terbentuknya Sangha untuk pertama kalinya.
  3. Lengkapnya Triratna/tiratana (Buddha, Dhamma, dan Sangha) dengan terbentuknya Sangha.
Oleh karena itu, demi mengenang jasa Guru Sang Buddha atas peristiwa penting tersebut, Vihara Vimala Dharma Bandung mengadakan kebaktian memperingati hari suci Asadha 2557 BE pada tanggal 21 Juli 2013.

            Kebaktian hari raya Asadha diikuti oleh 300 orang lebih umat Bandung dan sekitarnya. Kebaktian dipimpin oleh Yeshey dan didampingi oleh MC Asadha kali ini, Robbinson dan Susanti. Kebaktian mulai pukul 09.00 pagi. Para panitia Asadha yang merupakan para pengurus-pengurus PVVD mulai menjalankan tugasnya dengan baik. Diisi dengan persembahan puja, pemanjatan paritta-paritta suci, hingga meditasi dan dhammadesana oleh anggota Sangha. Kebaktian memperingati hari raya Asadha ini dihadiri oleh Bhante Suryabhumi Mahathera, Bhante Nyana Dhammo, dan Bhante Ashin Kusalananda. Bhante Suryabumi Mahathera dengan Dhammadesana yang telah diberikan, mengajarkan kita untuk terus mengingat 4 kesunyataan mulia dan mempraktekkan 8 jalan utama. Acara puja kali ini juga dihadiri oleh pembimas agama Buddha Jawa Barat, bpk. Eko Supeno untuk memberikan kata sambutan tentang makna Asadha. Acara berlangsung dengan penuh hikmah dan lancar. Tidak ketinggalan pembacaan Dhammapada oleh Vicki, Chandra, Sherley, dan Franky.

            Di penghujung acara, dengan suara merdunya vokal grup Vimala Gita membawakan lagu Dhammacakkapavattana Sutta dan Roda Kehidupan untuk memberikan hikmah  guna meresapi makna Asadha bagi umat Buddhis.

            Pukul 11.00 lewat acara kebaktian memperingati hari suci Asadha kian menuju akhir. Para umat menutup puja dengan menyanyikan Vihara Gita Namaskara dan seusai dari bhaktisala, umat pun menyantap konsumsi yang telah disediakan oleh VVD. Usai sudah kebaktian memperingati hari suci Asadha 2557 BE. Semoga kita semua dapat kembali mengenang ajaran agung Sang Buddha yang telah menunjukkan kita jalan menuju pembebasan dan penerangan sempurna dan terus mempraktekkannya.
Sabhe Satta Bhavantu Sukhitatha, Semoga Semua Makhluk Berbahagia




















-Dharma, VVD-

Tidak ada komentar :

Posting Komentar