Senin, 10 September 2012

17an di GABI Surya Adhi Guna


“Sekali Merdeka tetap merdeka, selamat hayat masih di kandung badan”
          Hari Minggu, tanggal 02 September 2012, kami Pembina GABI VSAG dan anak-anak GABI VSAG merayakan hari kemerdekaan, waduh sebenernya malu juga nih, soalnya GABI VSAG telat banget ngerayainnya. Sebenernya ada beberapa alasan kenapa kami merayakannya begitu telat, alas an terbesar kami adalah karena faktor libur lebaran yang mengharuskan anak-anak cuti ke vihara karena memilik acara masing-masing dengan keluarganya, gak aneh deh kalau libur lebaran dan libur akhir tahun di SAG pasti sepiiii banget, jadi 2 minggu kemarin di vihara kosong deh,  walaupun udah telat banget ngerayainnya tapi semangat anak-anak sangat luar biasa lho (mungkin pada tau kali ya karena minggu ini mereka akan main sepuasnya).
    
          Kami merayakan acara ini bukan di Vihara lho, sangat beruntung sekali, kami dipinjami tempat yang cukup luas di Vihara Budhasasana, Rengasdengklok, atau biasa dikenal Kelenteng Shian Djing Kong. Namanya juga kelenteng tempat ini jarang sekali dipakai untuk kebaktian umat Buddha, kelenteng ini lebih sering dikunjungi oleh umat-umat Tionghoa yang berada di Rengasdengklok, kadang umat dari luar kotapun sering berkunjung.  Kelenteng ini akan sangat ramai jika ada acara Shejit, Ce-it, Cap-go, dan cioko.
          Pukul 06.30 WIB, kami para Pembina berkumpul di Vihara SAG, kami mengumpulkan barang-barang yang sebelumnya sudah kami siapkan untuk dibawa ke kelenteng. Kami membawa parcel hadiah, kado, snack makan siang, ember dan peralatan lomba lainnya, tidak ketingalan hiasan-hiasan yang berbau 17n siap dipasangkan.
 
          Pukul 07.30 anak-anakpun mulai berdatangan, dan pukul 08.00 WIB, kami bersama-sama melakukan puja bhakti, mungkin sampai pukul 08.30. setelah selesai puja bhakti kami mengumpulkan anak-anak disebuah lapangan yang cukup luas, disitu kami memulai pembagian kelompok, awalnya kami berencana akan membagi 6 kelompok, tapi gak tau kenapa anak-anak yg hadir sedikit banget, sempat membuat kami down dan gak bersemangat, tapi acara ini harus tetap berjalan, dengan keputusan yg singkat kami membagi anak-anak dalam 4 kelompok yang masing-masing kelompoknya berjumlah 10 anak. Masing –masing kelompok sudah di beri mentor yang harus membimbing mereka dalam menyelesaikan tugasnya, selain bertanding dengan kelompok lain di setiap pos mereka juga harus menyelesaikan kuis yg sudah Pembina berikan. Kami juga menyediakan 5 pos dengan berbagai macam permainan yang tidak asing tentunya….
Pos I            : Memasukan paku ke dalam botol
Pos II          : Menara Aqua gelas
Pos III        : Memecahkan balon
Pos IV          : Tali Berantai
Pos V            :  Makan Kerupuk
        Permainan pun berjalan dengan lancar dan sangat meriah, anak-anak pun sangat menikmati acara ini. Kami juga membagi 2 kategori kelas, untuk permainan kelompok kami khususkan untuk anak-anak kelas 3 SD s/d SMP, agar mereka lebih bisa belajar sportivitas, kompak, dan selalu membantu sesama teman. Dan kategori kedua yaitu anak-anak dari TK s/d kelas 2 SD, anak-anak ini berlomba “Memindahkan air mengunakan spons dan Membawa kelereng memakai sendok, di kategori anak-anak- TK gak kalah meriah juga lho.
 
        Pukul 11.00 WIB, acara gamepun sudah selesai dan waktunya makan siangggg,, eits tunggu dulu sebelum dimakan, kami para Pembina akan menilai satu-persatu bekal makan siang yang paling lucu, unik, dan kreatif. Yach kami menugaskan kepada anak-anak dari semua kategori harus membawa bekal makan siang masing-masing, dengan syarat setiap bekal harus di hias selucu, sekreatif, dan seunik mungkin. Dan hasilnya luar biasa lhoooo unik. Lucu, dan kreatif. Dan hasilnya luar biasa banget lho, banyak kreasi yang unik dan cukup kreatif. Setelah makan siang anak-anak pun dikumpulkan kembali diruang dharmasalla, dan sekarang waktunya pembagian hadiah, acara pembagian hadiah ini sangat ramai dan meriah, akhirnya seluruh rangkaian acara pun berakhir dan ditutup dengan Namaskara Gatha....
          Yahh demikianlah acara 17n di GABI VSAG, semoga dengan adanya acara ini anak-anak GABI pun dapat termotivasi dan tidak bosan untuk pergi ke Vihara. Dan terimakasih buat temen-temen yang sempat meluangkan waktunya untuk baca artikel kami, semoga bermanfaat dan semoga semua mahkluk hidup berbahagia...........
Salam GABI Vihara Surya Adhi Guna
                                                         


By: Niraja Dewi
Vihara Surya Adhi GunaRengasdengklok 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar