Senin, 30 Desember 2013

Liputan Bebas STKN - “Becoming an Outstanding Youth Generation”




Bagaimana menjadi generasi yang luar biasa? How to become an outstanding youth generation? Sarasehan dan Temu Karya Nasional (STKN) Sekber PMVBI (Pemuda Buddhayana) yang tengah berlangsung di Jawa Timur mengangkat tema “Becoming an Outstanding Youth Generation”. Yuk kita sama-sama belajar dan berkembang menjadi generasi muda yang luar biasa, guys!
Acara STKN diawali dengan acara pembukaan yang luar biasa, dikemas dengan isi acara yang menarik dan pembicara yang memberikan kata sambutan yang membakar semangat dan sisi outstanding yang ada dalam diri seluruh peserta dari Sabang hingga Merauke. Pembicara yang mengisi sesi sarasehan juga memberikan wawasan, semangat, dan motivasi yang membakar semangat kami pula tentunya. Kami dapat melihat mereka menjadi sosok tokoh yang luar biasa karena berkiprah di Keluarga Buddhayana Indonesia. Dr. Ponijan Liaw menceritakan kisah hidupnya yang menjadi luar biasa karena berkiprah di Sekber PMVBI. Y.A. Mahathera Viriyanadi juga menceritakan kiprahnya selama menjadi biksu hingga menjadi sosok yang luar biasa dalam Sangha Agung Indonesia. Bhante juga merupakan pendiri Mahavihara Mojopahit Buddhist Center, yang menjadi salah satu pusat Buddhist (Buddhist Center) di Indonesia.
Di hari pertama, 28 Desember 2013 pagi kami juga berkesempatan bertemu dengan sosok outstanding di Indonesia yakni Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Kami melakukan senam pagi sebagai salah satu bentuk kinestetika atau olah tubuh, yang merupakan salah satu kunci agar menjadi pemuda yang outstanding menurut Dahlan Iskan. Selain itu Dahlan Iskan membagikan tiga kunci lainnya yakni logika, etika,dan estetika. Apabila kita dapat mengembangkan keempat kunci ini, niscaya kita dapat menjadi generasi muda yang outstanding!



Suasana Rally Games

Di hari selanjutnya kami memulai sesi temu karya yang merupakan sesi perlombaan yang diikuti Pemuda Buddhayana dari Sabang hingga Merauke. Di sesi ini kami dapat mengerahkan sisi outstanding yang kami miliki sepenuhnya. Setelah itu kami mengikuti Buddhist Rally Games! Games atau permainan yang banyak mengandung nilai yang dapat menggali sisi outstanding kami. Kami dapat menggali sisi kreativitas agar dapat memainkan games dengan baik dan outstanding. Selain itu kami dapat menggali nilai-nilai lainnya seperti  kebersamaan, toleransi, dan kerjasama yang baik agar dapat menyatukan kami sebagai satu generasi muda Pemuda Buddhayana!

Sesi Sarasehan oleh Dirjen Bimas Agama Buddha Republik Indonesia

Malamnya, kami berkesempatan sesi sarasehan terakhir bersama Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Agama Buddha Republik Indonesia, Bapak Joko Wuryanto yang merupakan tokoh agama Buddha nomor 1 di pemerintah Republik Indonesia. Beliau memberikan motivasi dan semangat bagi para Pemuda Buddhayana yang berkumpul atau bersarasehan di Jawa Timur. Beliau juga memberikan informasi mengenai program unggulan Dirjen Bimas yang sesungguhnya bisa bersinergi dengan Sekber PMVBI. Beliau juga memberikan dukungan penuh terhadap program-program Sekber PMVBI. Salah satunya dengan memberikan dukungan berupa materi dari pemerintah apabila Sekber PMVBI dapat membuat program unggulan yang tentunya dapat bermanfaat luar biasa bagi kemajuan Agama Buddha Indonesia.

Foto bersama antara Dirjen Bimas Agama Buddha Republik Indonesia bersama Ketua SEKBER PMVBI dari 23 Provinsi 

Baru dua hari berlangsung di STKN, namun kami mulai dapat menggali sisi outstanding yang sesungguhnya telah ada dalam diri kami. Seperti yang ditemukan oleh guru junjungan kita, Buddha Gautama bahwa setiap makhluk telah memiliki benih Ke-Buddha-an dalam diri mereka. Kita memiliki kesempatan agar menumbuhkan benih tersebut hingga kita mencapai pencerahan sempurna, terbebas dari penderitaan dan menjadi manusia yang bahagia, damai, dan tentunya luar biasa atau outstanding.Kita juga memiliki benih tersebut. So, kita juga bisa menjadi manusia yang luar biasa, guys! Terima kasih kepada acara STKN yang dapat memberikan kesempatan bagi kami untuk belajar dan berkembang terus menjadi generasi muda yang luar biasa. We can become an outstanding youth generation!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar