Senin, 24 Desember 2012

Mukernas XIV


"ONE PIECE"
Bernafas bagaikan satu tubuh, bergerak bagaikan satu tubuh, menuju ke satu tujuan

Halo teman-teman semua, pada tanggal 22 Desember 2012, kita semua seluruh pemuda buddhayana yang tergabung dalam Sekber PMVBI dari seluruh Indonesia berkumpul di Prasadha Jinarakkhita, Jakarta untuk sama-sama melaksanakan Mukernas ke-XIV.
Pada hari ini semua peserta mendaftar ulang terlebih dahulu dan makan siang. Setelah itu, baru kita bersama-sama memasuki acara penyuluhan dari bagian Medkom yang langsung dilanjutkan dengan Sesi 1 : Buddhayana Value oleh ko Awi. Di sesi ini kita belajar nilai-nilai Buddhayana yag diwariskan oleh seorang bikkhu pelopor Agama Buddha di Indonesia, yaitu Sukhong. Kita belajar tentang nilai vegetarian, kesetaraan gender, pelayanan, keserdahanaan, menolong tanpa diketahui, dan hidup berkesadaran. Sesi 1 selesai lalu dilanjutkan dengan bersih diri dan makan malam bersama. Pada malam harinya, kami semua bermain games sejenis "Running Man" yang dibawakan oleh ko Eddy Jonson, kami bernyanyi dan tertawa bersama, sungguh sebuah momen kekeluargaan yang luar biasa bisa tercipta pada saat itu.

Keesokan harinya, kami memulai akivitas dengan bersih diri, sarapan, dan puja bhakti. Dilanjutkan dengan acara pembukaan Mukernas XIV yang dipenuhi oleh tenaga dan cita-cita dari seluruh pemuda-pemudi Buddhayana di Indonesia. Setelah acara pembukaan selesai, hari ini di lanjutkan dengan sesi-sesi, yaitu Sesi Sosialisasi Hasil Sangha Samaya oleh Bhante Vimala, Sesi Pembekalan oleh Ketua Umum PP MBI oleh Bpk.Sudamek (CEO Garuda Food),Sesi Penuyuluhan WBI, Sesi Diskusi dengan SAGIN dan MBI, Sesi Pembekalan dari Maha Nayakan SAGIN oleh Bhante Saddha, dan Sesi Laporan Gerak dan Ativitas oleh Setprov masing-masing provinsi di Indonesia. Hari ini yang cukup melelahkan akhirnya kami tutup dengan istirahat malam.

Pagi-pagi di hari selanjutnya, seperti biasa kami memulai aktivitas dengan bersih diri, darapan dan puja bhakti. Sama seperti hari sebelumnya, hari ini juga diisi dengan banyak sesi-sesi yaitu Sesi lanjutan Laporan Gerak dan Aktivitas oleh Setprov, lalu dilanjuutkan dengan Sesi Diskusi dengan Setjend, Sesi Laporan Gerak dan Aktivitas Setjend, Sesi Manajemen Sistem, Sesi Komisi Organisasi dan PSDM, Sesi Komisi IPGABI, dan Sesi Program Unggulan Provinsi, setelah sesi-sesi berakhir kami akhirnya melakukan bersih diri dan siap siap untuk memasuki acra renuni dan makan bersama Sekber PMVBI. Pada malam itu, tokoh-tokoh yang pernah aktif di Sekber PMVBI berkumpul untuk sharing dan memberikan pengalaman bagi para pemuda-pemudi Buddhayana.Acara penutupan Mukernas pun resmi dtutup dengan acara pemukulan gong yang sebelumnya ada bebrapa kata sambutan dari Setjend, MBI, SAGIN, senior Sekber PMVBI, dan sedikit penyuluha n dari SIDDHI. Waktu yang semakin berlarut malam tidak menyurutkan semangat pemuda Buddhayana, acara penutupan di lanjutkan dengan acacra "Akhirnya Sampai Juga" yang membuat seluruh perserta tertawa terbahak-bahak karena aksi para peserta Akhirnya Sampai Juga (Ingat program Trans TV "Akhirnya Datang Juga"?).

Dalam Mukernas XIV ini juga diberikan penghargaan kepada beberapa pengurus Sekprov yang dinilai berhasil selama 1 tahun kepengurusan di tahun 2012.


Sekprov Teraktif Pulau Sumatera 2012  : Sekprov Kep. Riau
Sekprov Terkreatif Pulau Sumatera 2012  : Sekprov Sumatera Utara

Sekprov Teraktif Pulau Jawa, Ind Timur dan Tengah 2012  : Sekprov Bali
Sekprov Terkreatif Pulau Jawa, Ind Timur dan Tengah 2012  : Sekprov Jawa Timur

dan...
Maskot GABI Nasional terpilih maskot dari Sekprov Jawa Barat.

Tepat tengah malam, kami bersama-sama merayakan ulang tahun teman-teman di bulan Desember. Hari yang penuh dengan rasa persaudaraan itu akhirnyaa kami tutup dengan tidur nyenyak.

Tanggal 25 December 2012, kami bangun untuk bersiap-siap pulang ke kampung halaman masing-masing, pada hari ini juga terdapat Sesi dari IMABI dan Sesi Prmosi Event Nasional. Tak terasa 4 hari telah kami lalui bersama-sama, dari Mukernas kali ini terdapat banyak evaluasi, keputusan-keputusan bersama, komitmen bersama untuk membuat PMV di Indonesia hijau semua, menjalankan pelayanan kepada seluruh PMV di daerah. Kita bisa, kita pasti bisa, kita akan jadi yang terdepan. See u at PELATNAS and STKN 2013 !! Hidup SekberPMVBI! Hidup Pemuda Buddhayana!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar