Rabu, 28 Agustus 2013

PMVBB Happiness Gathering - DoM (WakeUp)

PMVBB Happiness Gathering
Pondok Sadhana Amitayus, 27-28 Juli 2013

Berkumpul bersama keluarga besar PMVBB dalam kegembiraan dan kebahagiaan...
Inilah yang dirasakan oleh peserta yang terdiri dari para pengurus PMVBB dan panitia acara Pelatnas (Pelatihan Nasional) yang telah diselenggarakan akhir Maret lalu. Karena PMVBB telah mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi dalam pengembangan Buddha Dharma dengan mengadakan Pelatihan Nasional untuk se-Pulau Jawa, kali ini kami berkesempatan untuk mengadakan pelatihan bagi para panitia dan pengurus PMVBB, untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri demi pelayanan yang terbaik bagi semua sahabat di PMVBB dan Wihara Buddhasena.
Acara dimulai dengan pembekalan orientasi acara dari monastik yakni Bhante Nyanagupta, Bhante Nyanayasha, dan para monastik lainnya. Mereka mengajarkan ajaran dan praktik yang akan kita lakukan dan latih bersama komunitas sepanjang acara. Cara berjalan, duduk, dan bernapas apabila dilakukan secara sadar-penuh (mindful) merupakan fondasi dari kebahagiaan yang sesungguhnya. “Mindfulness is the source of happiness”. Sadar-penuh adalah sumber dari kebahagiaan.


Minum teh dengan sadar-penuh bersama komunitas dapat membawa pada kebahagiaan. Apapun yang dilakukan dengan sadar-penuh dapat membawa pada kebahagiaan. Inilah yang kita lakukan pada kegiatan ini. Kita belajar dan berlatih hal-hal yang dapat membawa pada kebahagiaan sejati. Para peserta yang tadinya mempunyai kesan acara yang menakutkan dan membosankan karena terkesan seperti acara retret, perlahan melepaskan segala kecemasan dan ketakutannya, dengan mengikuti acara yang ternyata banyak membawa pada kedamaian, kegembiraan, persaudaraan, dan kebahagiaan sejati.

Terbukti dari para peserta yang sharing atau membagikan kebahagiaannya (sharing happiness) ketika minum teh bersama. Mereka bercerita bahwa di acara ini mereka dapat menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya. Hanya dengan minum teh dan mengamati napas masuk dan napas keluar secara sadar-penuh, dan melakukannya bersama sahabat-sahabat dari PMVBB dapat membawa kita pada kebahagiaan. Setelah mendengar sharing dari para sahabat ini, berkurang sudah kecemasan dan ketakutan para panitia yang mengkhawatirkan teman-teman kapok mengikuti acara seperti ini. Hahaha.. Demikian gelak tawa para sahabat setelah mendengar sharing ini dari salah satu panitia acara.

Jadi dari acara ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa belajar dan berlatih sadar-penuh bukanlah sesuatu yang menakutkan dan membosankan. Namun belajar dan berlatih haruslah membahagiakan. Selain belajar dan berlatih, kita juga bermain games secara sadar-penuh. Sebuah organisasi atau komunitas yang baik memiliki kesempatan untuk belajar, berlatih, bekerja, dan bermain, menurut Thich Nhat Hanh, salah seorang guru hidup sadar ternama dunia.

Selain itu kita juga belajar ajaran dan praktik dari artikel dan video mengenai kebahagiaan sejati. Kebahagiaan tidak mungkin hadir tanpa adanya cinta dan pengertian (kebijaksanaan), menurut ajaran Buddha. Maka dari itu latihannya adalah agar cinta dan pengertian dimungkinkan untuk hadir. Cinta hadir karena adanya pengertian. Tanpa adanya pengertian, mustahil ada cinta sejati. Jadi apabila kita cinta dengan PMVBB atau dengan Wihara Buddhasena, maka kita akan selalu mengerti PMVBB atau Wihara Buddhasena. Pengertian selalu mungkin untuk hadir, apabila ada energi sadar-penuh dan konsentrasi. Energi sadar-penuh selalu membawa energi konsentrasi dan melahirkan pengertian atau insight, semacam pencerahan atau pengertian sejati. Jadi fondasinya adalah energi sadar-penuh, dan pengertian adalah kuncinya.

Pengertian adalah key word atau kata kuncinya, menurut Thich Nhat Hanh. Antar sesama anggota PMVBB harus saling mengerti. Antar anggota keluarga harus saling mengerti. Ini adalah kunci bagi perdamaian. Dan pengertian selalu mungkin apabila kita senantiasa berlatih sadar-penuh. Energi sadar-penuh selalu membawa kegembiraan dan kebahagiaan. Hal inilah yang dimungkinkan untuk terjadi. Apabila pengurus PMVBB bahagia, maka mereka dapat membuat sahabat lainnya di Buddhasena bahagia. Apabila pengurus tidak bahagia, bagaimana mungkin mereka membuat sahabat lain berbahagia? Kebahagiaan adalah untuk semua orang.

Jadi setelah di hari pertama kita belajar ajaran tentang cinta (teachings on love) berdasarkan ajaran Buddha, di hari kedua kita belajar praktik tentang cinta (practices on love). Salah satu praktik yang kita pelajari dan latih bersama adalah mendengar secara mendalam dan berbicara penuh cinta kasih. Para peserta belajar bagaimana menerapkan kedua hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan di dalam komunitas PMVBB. Apabila kita dapat mempraktikkan mendengar secara mendalam pihak lain, kita akan berkesempatan menghindari perselisihan, bahkan perang dingin yang mungkin terjadi dalam satu komunitas.

Kami juga berkesempatan mendengarkan secara mendalam tiap peserta yang sharing mengenai acara Pelatnas. Hampir semua yang didengarkan adalah komentar yang positif, di samping beberapa kekurangan yang tak terhindarkan dalam acara ini, baik dari panitia, peserta, dan tim Setjen (Sekretariat Jendral) Sekber PMVBI yang berkesempatan hadir di acara ini. Tim Setjen menyatakan bahwa acara Pelatnas ini tidak hanya menginspirasi mereka, namun menginspirasi sahabat dari berbagai daerah. Ada sahabat dari provinsi lain yang mulai bangkit, dan mulai memancarkan semangat, cinta kasih, dan semangat melayani yang mereka dapat dari acara Pelatnas. Banyak yang mengalami perubahan diri setelah mengikuti acara Pelatnas, mereka mengalami transformasi diri. Dan setelahnya, mereka memiliki keinginan atau aspirasi untuk membagikan perubahan yang mereka terima kepada lingkungan sosial mereka (transformasi sosial). Demikianlah kesalingterkaitan antara transformasi diri dan transformasi sosial, yang di dalam Pelatnas diwujudkan menjadi sebuah tema, “Cinta Kasih dan Semangat Melayani adalah Pondasi Perubahan Diri”.

Tema acara ini adalah Wake Up, yang berarti terbangkitkan, bangun, sadar-penuh, seperti Buddha. Kita memerlukan kebangkitan secara kolektif, apabila kita ingin planet ini menjadi aman, peradaban dan segala tempat di dunia menjadi aman, termasuk Wihara Buddhasena. Aman dari segala energi negatif seperti kemarahan dan kebencian, yang dapat menjadi energi destruktif. Namun kita juga dapat membangun PMVBB dan Wihara Buddhasena menjadi tempat yang aman, penuh dengan cinta, pengertian, kebahagiaan dan kedamaian. Hal ini menjadi mungkin apabila penghuninya merasakan kebahagiaan sejati. Kebahagiaan secara kolektif akan membuat tempat yang dihuninya menjadi tempat yang bahagia. Hal ini menjadi mungkin dengan adanya kebangkitan secara kolektif. So, let's Wake Up to life!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar