Senin, 23 Juli 2012

Waisak 2012 Vihara Vimala Dharma-Bandung

Pada tanggal 6 Mei 2012 yang lalu, Vihara Vimala Dharma memperingati hari Tri Suci Waisak dengan menggelar kebaktian bersama hari besar. Kebaktian waisak ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.30. Kebaktian dipimpin oleh Yeshey dan dihadiri oleh 2 anggota sangha, yakni Bhante Suryabumi dan Nyana Dhammo. Sebelum kebaktian dimulai, umat telah berdatangan dari jam 8 pagi dan disambut oleh usher pvvd untuk mengisi buku tamu dan memandu tempat duduknya. Hingga pukul 10.00, umat yang berdatangan semakin banyak, sehingga tempat duduk yang tersedia hampir habis. Sehingga kami mengeluarkan kursi cadangan dari kantor dan gudang.


Kebaktian berlangsung hikmah, dengan awalnya pemanjatan paritta Chatta Manavaka Vimana Gatha, lalu Namaskara Gatha, Penyalaan lilin Panca Warna, Permohonan tuntutan Tisarana dan Pancasila oleh bhante Suryabumi, Manggala Sutta, Jayamanggala Gatha, Meditasi yang dibimbing langsung oleh Bhante Suryabumi, pembacaan Dhammapada (oleh Intan dan Dharma), Dhammadesana oleh Bhante Suryabumi, Pemberkatan air suci oleh bhante Nyana Dhammo, dan Ettavata. Diakhir kebaktian, para pemuda membagikan souvenir waisak berupa bingkisan yang berisi beras, teh, permen, dan kartu ucapan.

Setelah kebaktian selesai, para umat menyantap konsumsi yang telah disediakan PVVD di Pandopo. Disaat itu juga, divisi Bursa PVVD membuka stan jualan barang-barang seperti buku Buddhis, baju, kalung, dll. Tidak ketinggalan juga divisi Perpustakaan dan Kakak Asuh tetap melani umat yang banyak di Perpus dan stan Info. Semua umat dan pemuda bersuka cita merayakan hari Tri Suci Waisak ini.

Pukul 13.00 setelah kebaktian waisak, diadakan juga visudhi tisarana upasaka/upasika di bhaktisala. Kebaktian visudhi ini dipimpin oleh Christine dan dihadiri bhante Suryabumi. Sekitar 30 orang mengikuti visudhi ini dan berlangsung dengan lancar. Setelah selesai semuanya, para umat telah pulang dan para pemuda bersama-sama membersihkan sampah-sampah dan membereskan segala perlengkapan kegiatan Waisak.(Dharma-MedkomSEKBER)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar