Jumat, 12 April 2013

PELATIHAN NASIONAL IV SEKBER PMVBI (Pemuda Buddhayana) Wilayah C - Day 3 31 Maret 2013


“Selamat pagi, Namo Buddhaya!”
Itulah kata sapaan yang terdengar ketika mentari datangmenyambut pagi hari. Hari ketiga Pelatnas, berlangsung dengan semangat pagiyang baru. Hari yang baru dimulai dengan bersih diri, kebaktian, dan makanpagi.
Setelah mengisi tenaga, para peserta berkumpul di lapanganuntuk mengambil foto bersama. Dan akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggu puntiba, WAKTU UNTUK OUTBOND!
Outbond di Pelatnas ini dibagi menjadi 6 pos yang dimainkanper kelompok, ada “pos si buta yang diberi komando jalan”, “memindahkan air”dengan apapun yang ada di badan (kecuali nametag), “piring terbang”, “di bumi ini hanya ada...”, “sumpit”, dan “jaring-jaring”.Selanjutnya, ada dua pos yang dimainkan oleh seluruh peserta, yaitu ”posbintang”, dan pos spesial.


Di pos si buta yang diberi komando jalan (bukan nama possebenarnya), hanya ada 3 kata yang boleh diucapkan oleh sang pemberi arah,yaitu sila, saddha, dan panna yang mewakili arah kiri, kanan, dan lurus. Selainsang pemberi arah, ada tiga orang yang menutup matanya. Di baris pertama, orangbuta matanya ditutupi dengan penutup mata, sedangkan orang buta di baris kedua dan ketiga diminta untuk memejamkan mata tanpa ditutupi dengan penutup mata.Kedua orang buta terbelakang memegang pundak orang buta pertama, orang butapertama mendengar dan mengikuti komando dari pemberi arah. Dari pos ini, para peserta belajar mengenai kepercayaan, kejujuran, kerja sama dan komunikasi.

Di pos memindahkan air (bukan nama pos sebenarnya), parapeserta harus memindahkan air dari baskom ke galon yang jaraknya kira-kira enammeter dan juga melewati tanjakan. Memindahkan airnya dengan apa? Semua bendayang sedang dibawa peserta kecuali nametag. Ada yang memakai sandal, memeras baju dan jaket, dan ada kejadian yangmantap, ada peserta yang memindahkan air dengan mulut, padahal air tersebutsudah dicelup-celup dengan sandal peserta lain! Benar-benar berkorban! Di posini, para peserta belajar mengenai pengorbanan, kehati-hatian, dan kerja sama.

Pos piring terbang (bukan nama pos sebenarnya) tidak berartiposnya punya ufo ya, tapi pos yang ada piringnya dengan tali-tali panjang dipinggir piringnya. Mekanisme permainannya adalah masing-masing peserta memegangdua tali rafia dan di atas piring diletakkan segelas air, tugas para pesertaadalah mengendalikan agar air dalam gelas tidak tumpah meskipun melaluitanjakan dan turunan. Dari pos ini, para peserta belajar mengenai leadership (kepemimpinan), kerja sama,dan kekompakan.

Pos “di bumi ini hanya ada...” (bukan nama pos sebenarnya)adalah satu-satunya pos yang dilaksanakan di
ruangan indoor. Di pos ini, para peserta akan bekerja sama dengankelompoknya untuk mengikuti permintaan yang diminta oleh koko Friski dan ciVersillia, misalnya “Di bumi ini hanya ada 10 kaki dan 5 tangan.” Hal iniberarti para peserta harus bekerja sama untuk mengatur jumlah tangan dan kakiyang menginjak bumi (tanah). Bagaimana mengenakan 10 kaki dan 2 tangan ke tanahsedangkan 1 kelompok terdiri dari 10 orang (20 kaki, 20 tangan)? Itulahpentingnya kerja sama di pos ini. Di pos ini, para peserta belajar tentang 3kata dalam berorganisasi, yaitu “maaf”, “terima kasih”, dan “tolong”.

Di pos sumpit (bukan nama pos sebenarnya), 3 kelompokdigabungkan menjadi 1 kelompok dan membuat lingkaran besar. Para peserta salingtidak berhadapan, berposisi jongkok, dan saling memegang tangan teman-teman disamping kiri dan kanannya dengan jari membentuk segitiga (seperti logo SekberPMVBI). Setelah itu, di atas jari tersebut diletakkan sebuah sumpit. Sesudahsemuanya merasa siap, semua peserta secara pelan-pelan berdiri bersama-samadengan sumpit yang tidak jatuh (seharusnya). Peserta hanya diberikan 3 kalikesempatan. Di pos ini para peserta belajar mengenai kerja sama, kekompakan,dan kepekaan.

Di pos jaring-jaring (bukan nama pos sebenarnya) tentu sajadilengkapi dengan jaring-jaring, yang terbuat dari tali rafia yangdiselang-seling dengan pohon. Mekanismenya, para peserta harus melalui lubangjaring-jaring tanpa mengenai talinya dan dengan catatan lubang yang sudahdilewati peserta lain tidak boleh dilewati oleh peserta berikutnya. Di pos ini,para peserta belajar mengenai pengorbanan, kerja sama, dan kekompakan. Di akhirpos yang keenam, setiap kelompok diberikan potongan puzzle.

Ini dia pos gabungan kelompok yang dinanti-nanti... Pada posbintang, masing-masing perwakilan kelompok mendaki tanjakan yang agak curamdengan ditopang oleh 2 orang perwakilan kelompok juga, kemudian menempelkanpotongan puzzle dan ternyata daripotongan-potongan puzzle tersusunlahgambar logo Sekber PMVBI dengan tulisan tema Pelatnas Wilayah C kali ini, kerenbanget deh pokoknya!

Last pos,bertempat di lapangan dengan jaring-jaring rafia yang membentuk kotak-kotakseperti ular tangga. Di
pos ini, seluruh peserta bekerja sama untuk pergi ketempat seberang dengan sebuah ketentuan. Dan alhasil, semua sampai denganselamat sampai tujuan secara bersama-sama. Kegiatan selanjutnya di pos iniadalah berjalan mengambil sandal dengan kaki terikat. Di tengah teriknyamentari, kegiatan ini benar-benar mencucurkan keringat. Setelah semuanyaselesai, para peserta diperbolehkan untuk makan siang, beres-beres, danmembersihkan diri.

Acara selanjutnya adalah acara penutupan, dimulai darikata-kata sambutan yang mantap dari Ketua Panitia Pelatnas, Ketua MBI JawaBarat, dan Sekjen PMVBI. Ada juga penampilan nyanyian band  dari PMVBB,pengangkatan name tag dan pemukulangong sebagai simbol berakhirnya acara Pelatnas Wilayah C Tahun 2013. Di akhiracara penutupan, para peserta kembali mengucapkan Komitmen Peserta SetelahPelatnas dan juga diakhiri dengan lagu BrunoMars – Today My Life Begins yang diharapkan memberi motivasi pada peserta.Para peserta juga secara bergantian menyalami kakak-kakak panitia danmengucapkan terima kasih atas perjuangan untuk mempersiapkan danmenyelenggarakan acara yang sangat luar biasa ini. Dan tidak lupa juga, Narsis time! Kapan lagi foto-foto barengpeserta lain dan sama cici koko lainnya...

Di penghujung acara menjelang pulang, cuaca hujan, langitserasa ikut bersedih karena para peserta akan terpisah karena jarak untuksementara waktu. But don’t worry, beupekkha, teknologi sudah canggih, jadi para peserta bisa keep contact dengan para pesertalainnya.

Demikianlah liputan dari Medkom Sekber PMVBI Jabar. Mohonmaaf atas segala kekurangan di liputan ini. Semoga semua makhluk hidupberbahagia, sadhu..3x. (Stella-MedkomJabar)





"Pos Si Buta & Pemberi Arah"

"Pos Memindahkan Air"

"Pos di Bumi Ini Hanya Ada..."
"Pos Piring Terbang"
"Pos Sumpit"
"Pos Jaring-jaring"
Susunan puzzle hasil dari Pos Bintang
 
Final Destination :D

Tidak ada komentar :

Posting Komentar