Kamis, 04 April 2013

PELATIHAN NASIONAL IV SEKBER PMVBI (Pemuda Buddhayana) Wilayah C - Day 2


Ketika fajar belum menyingsing, para peserta Pelatnas darikontingen Jawa Barat membangunkan para peserta dengan cara mengetuk dari pintu kamaryang satu ke pintu kamar yang lain. Setelah itu, semua peserta membersihkandiri dan membasuh muka agar terasa lebih segar, bila takut mandi air dingin, adajuga fasilitas air hangat di masing-masing kamar mandi, fasilitas yang disediakanpanitia memang paling TOP! Sesudah dapat fasilitas yang sangat kondusif ini,para peserta Pelatnas sudah seharusnya jadi lebih bersemanga t untuk memulaihari kedua Pelatnas ini.

Hari kedua Pelatnas Wilayah C dibuka dengan kebaktian yangdipimpin oleh Ko Widya dan Ko Niko dengan membacakan Gatha Pembukaan, SutraHati Prajnyaparamita, Lima Latihan Sadar Penuh, Tiga Perlindungan, dan BerbagiJasa Kebajikan. Setelah kebaktian selesai, semua peserta berjalan menuju restoran hotel untuk menyantap sarapan pagi selagi masih hangat.


Hangatnya mentari pagi menyelemuti masing-masing ruanganhotel, juga menghangatkan hati. Para peserta Pelatnas saling memberi senyumsapa kepada peserta lain sambil memasuki masing-masing ruangan untuk sesiselanjutnya. Pada sesi selanjutnya, para peserta dibagi-bagi untuk mengikutitiga komisi, ada yang mengikuti sesi komisi organisasi, IPGABI, atau Medkom(bagian awal).



Para peserta yang megikuti sesi komisi organisasi (bagianawal) diberitahu mengenai asal-usul berdirinya Sekber PMVBI, paratokoh-tokohnya, diberitahu juga mengenai visi dan misi Sekber PMVBI. Sedangkanpara peserta yang mengikuti sesi komisi IPGABI, mengikuti pembahasan mengenailogo, visi, dan misi IPGABI, dansebagainya. Pada sesi medkom, para pesertadiajarkan mengenai cara untuk menjadi pembawa acara yang baik dan benar. Bagiansesi Medkom diberikan tugas oleh ko Rahka untuk meliput sesi selanjutnyamengenai “Human Relationship” dalambentuk tulisan karena sesi medkom selanjutnya akan berhubungan dengan jurnalistik.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selanjutnya adalahsesi “Human Relationship” yangdibawakan oleh Ko Roby Oktober. Ko Roby membuka sesi ini dengan meyakinkan parapeserta adalah manusia-manusia cerdas. Hal ini dilakukan mungkin dengan tujuanagar peserta menjadi optimis bahwa para peserta memiliki kemampuan untukmencerna materi yang akan dibawakan dengan baik. Pembawaan materi narasumberyang tepat tapi santai yang dikombinasikan dengan lelucon yang jenaka membuatpara peserta berantusias untuk mengikuti sesinya. Ko Roby menuturkan bahwa adatiga prinsip pokok manusia, yaitu “Jangan mementingkan diri sendiri, janganmementingkan diri sendiri, dan jangan mementingkan diri sendiri.” Kalaukomputer butuh software, maka manusiamembutuhkan softskill, yaitu berupasembilan prinsip hubungan manusia.

Selanjutnya, setelah mengisi otak dengan hal-hal yangbermanfaat, para eserta Pelatnas mengisi raga dengan makanan yang bernutrisiagar bisa menjalani sesi selanjutnya dengan lebih baik dan fokus. Sesudah perutlapar hilang, mengikuti sesi pun jadi senang. Sesi selanjutnya adalah komisilagi (bagian akhir). Pada sesi komisi organisasi, para peserta mengikutipembahasan mengenai  pembuatan laporankeuangan dan surat-menyurat, ada juga eserta yang berkata bahwa mereka belajarakuntansi mendadak! Di sesi IPGABI, para peserta belajar mengenai hal-hal yangharus dimiliki pembina GABI, persiapan sebelum mengajar, dan juga mempelajaritentang metode pengajaran. Lain lagi di sesi Medkom, para peserta diajarkanmengenai jurnalistik, sudah serasa jadi reporter mendadak! Kesalahan yang adapada jurnal yang telah para peserta tulis adalah bahan untuk pengembangankemampuan diri di masa yang akan datang.

Waktu menjelang sore adalah waktu yang dinantikan oleh parapeserta. Apa sih yang mereka tunggu? Tentu saja Chieftain Game yangpermainannya dipandu dan dijelaskan oleh Ko Edy Johan. Para peserta telahdibagi menjadi 18 kelompok dan mereka akan menjadi Human Team dan Orc Team secarabergantian. Tugas Human Team adalahmenyelamatkan diri dari serangan Orc Teamyang akan melemparkan balon air bila salah melangkah. Namun satu hal yang tetapdiingat para peserta, yaitu melemparkan balon air juga dengan penuh welas asih,agar anggota Human Team tidak adayang terluka. Meskipun cuaca hujan di tiga-perempatan permainan ini, sebagianbesar peserta merasa puas basah-basahan setelahmengikuti permainan ini. Setelah para peserta menjadi basah karena hujan danbalon air, tentu saja para peserta diminta untuk mandi agar tidak masuk angindan segera menyantap hidangan makan malam yang telah disediakan.

Angin hitam menyelimuti langit, menandakan bahwa sore telahberganti malam. Pada waktu ini, para peserta melakukan kebaktian malam denganmembacakan paritta yang sama sepertipagi hari. Selanjutnya, ada sesi bersama ko Edy Johan untuk mengupas filosofiapa yang ada dibalik Chieftain game, jadi tidak hanyasekadar senang-senang dan basah-basahan.  Setelah itu, Bhante Vim dan Samanera Samanthajuga menemani para peserta di malam hari untuk menjawab setiap pertanyaan parapeserta apabila masih tidak mengetahui secara jelas mengenai suatu hal.

Pada malam terakhir acara Pelatnas Wilayah C ini, parapanitia telah menyusun serangkaian acara malam keakraban. Para peseta bernyanyidan bergerak bersama-sama dengan lagu-lagu, seperti Mars Gabi +3, Kepompong,dan Kita Bisa (Wa e wa e o). Setelah itu, ada pemutaran video mengenai acaraPelatnas yang telah disiapkan oleh panita Pelatnas bagian Pubdok. Ada kejutandi akhir malam keakraban, yaitu pemutaran video orang-orang yang berulangtahundi bulan Maret. Persiapan panitia oke banget ya, sampai hal-hal detail pundisiapkan. MANTAP! Sesudah video tersebut diputarkan, semua peserta Pelatnasyang berulangtahun bulan Maret diminta maju ke depan untuk meniup lilin kue.Asik, ulang tahunnya se-lima provinsi!

Malam keakraban ternyata tidak berhenti sampai di situ, parapeserta diminta untuk berjalan ke lapangan. Ada apa ya? Wah, ternyata tiap PMVdiberikan lentera dan lentera tersebut diterbangkan secara bersama-sama sebagaisimbol untuk mengirim sejuta harapan Sekber. Pemandangan saat itu indaaahsekali!

Serangkaian acara hari kedua Pelatnas Wilayah C berakhir diPulau Kapuk masing-masing peserta yang indah.(Stella-MedkomSekberJabar)






Tidak ada komentar :

Posting Komentar